5 Jurusan Sosial Humaniora yang Lulusannya Dicari oleh Perusahaan Minyak dan Gas

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan lulusan jurusan-jurusan apa saja, sih, yang sering dicari oleh para perusahaan minyak dan gas. Nah, dari artikel tersebut, pasti muncul pertanyaan "memangnya, lulusan yang dicari hanya dari jurusan-jurusan rumpun sains dan teknologi saja, ya? Bagaimana dengan jurusan yang berasal dari rumpun sosial humaniora?"

Well, jawabannya ialah lulusan dari kedua rumpun ini sama-sama dicari oleh perusahaan minyak dan gas, kok, gaes! Namun, bisa dikatakan porsi atau pekerjaan yang disediakan pastinya sedikit lebih banyak untuk para lulusan sains dan teknologi. Hal tersebut bukan berarti lulusan rumpun sosial humaniora nggak penting, melainkan, rumpun ilmu sains dan teknologi lebih banyak diperlukan karena perusahaan pastinya berusaha untuk memperoleh dan mengolah minyak dan gas dalam jumlah yang banyak. Nah, karena jumlah yang banyak ini, akhirnya lulusan sains dan teknologi lebih memiliki banyak pilihan dalam perusahaan ini.

Lalu, jururusan apa saja, sih, dari rumpun sosial humaniora yang sering dicari oleh perusahaan minyak dan gas? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Manajemen 

Yes, selain jurusan yang berhubungan dengan ilmu alam, jurusan yang berhubungan dengan ilmu sosial dan humaniora juga ada, lho, salah satunya ialah Jurusan Manajemen. Memangnya, jurusan Manajemen itu belajarnya tentang apa, sih? Manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal, nih, gaes seperti pengantar ekonomi makro, pengantar bisnis, matematika bisnis, statistika bisnis dan sebagainya. Lalu, kenapa Jurusan Manajemen tetap bisa masuk ke perusahaan minyak dan gas? Jawabannya ialah meskipun perusahaan tersebut lebih banyak mengelola perminyakan dan gas, namun, perusahaan tersebut tetap membutuhkan orang yang mampu dalam mengatur, merencanakan dan mengelola perusahaan untuk mencapai tujuan.

2. Bisnis Hukum

hukum bisnis

Nah, selain manajemen, Bisnis Hukum pun menjadi salah satu jurusan dari rumpun sosial humaniora yang dibutuhkan oleh para perusahaan minyak dan gas. Memangnya, apa, sih, yang dipelajari oleh Jurusan Bisnis Hukum? Business Law atau bisnis hukum merupakan jurusan yang mempelajari teori dan praktek hukum yang mengatur kegiatan bisnis. Di prodi ini kamu akan belajar dasar-dasar hukum dan berbagai studi kasus permasalahan hukum dalam kegiatan bisnis. Jurusan ini berfokus pada kajian tentang hak dan kekayaan intelektual, perdagangan internasional, hukum korporasi, dan e-business.

Secara lebih detail, mata pelajaran yang dipelajari jurusan bisnis hukum ialah pengantar ilmu hukum, pengantar hukum Indonesia, hukum Islam, hukum tata negara, dasar-dasar hukum bisnis, hukum perburuhan dan sebagainya. Intinya hal yang dipelajari pada jurusan ini sangat sesuai dengan kebutuhan hukum dari suatu perusahaan.

Nah, dari penjabaran di atas, seharusnya kamu sudah paham kenapa perusahaan minyak dan gas membutuh lulusan hukum bisnis untuk bekerja di perusahaannya. Setiap perusahaan pastinya nggak jauh dari dunia hukum, maka dari itu, para perusahaan tersebut harus memiliki orang yang paham tentang hukum untuk menyelesaikan segala hal yang berhubungan dengan hukum-hukum tersebut.

3. Akuntansi 

Akuntansi pun merupakan jurusan yang dicari juga, nih, gaes, lulusannya oleh para perusahaan minyak dan gas. Kenapa, sih, kok, perusahaan minyak dan gas mencari lulusan Akuntansi untuk bekerja di perusahaannya? Untuk menjawab hal tersebut, kamu harus tahu dulu,nih, apa yang dipelajari di Jurusan Akuntansi. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang fungsi-fungsi bisnis dan menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, standar profesional dan etika.

Nah, dari penjabaran tentang apa yang dipelajari di Jurusan Akuntansi, kamu bisa tahu, nih, kenapa para perusahaan minyak dan gas mencari lulusan Jurusan Akuntansi. Yap, keuangan yang masuk dan keluar dalam perusahaan minyak dan gas pun perlu dicatat dengan menggunakan metode yang cocok sehingga semua profit dan pengeluaran dapat terlihat dengan jelas. Selain itu, pegawai lainnya pun perlu digaji, kan, gaes? Nah, lulusan Jurusan Akuntansi ini pun memiliki peran penting dalam menghitung gaji setiap karyawan. Tertarik, nggak, nih, gaes?

4. Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) 

administrasi bisnis

Setiap perusahaan pastinya memiliki administrasi yang harus mereka rapikan. Administrasi tersebut dinamakan sebagai administrasi bisnis. Nah, kalau kamu mau mempelajari tentang hal ini, kamu bisa masuk Jurusan Administrasi Bisnis. Jurusan ini mempelajari tentang kegiatan pemasaran (marketing), pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), hingga kegiatan produksi. Administrasi Bisnis pastinya juga mempelajari segala urusan klarikal kantor, mengelola sarana dan prasarana kantor, memproses data secara akurat, dan bahkan mengelola informasi yang berhubungan dengan pekerjaan kantor.

Nah, kalau kamu bertanya, kenapa, sih, kok, perusahaan minyak dan gas masih membutuhkan lulusan dari Jurusan Administrasi Bisnis? Well, jawabannya ialah karena perusahaan ini pun membutuhkan seorang lulusan yang paham tentang segala urusan keuangan kantor, data-data dan sebagainya. Kalau kamu suka mengurus berbagai dokumen dan ingin bekerja di perusahaan minyak dan gas, jurusan yang satu ini sangat cocok, nih, gaes buatmu.

5. Psikologi 

Ha? Bahkan lulusan Jurusan Psikologi pun menjadi salah satu yang dicari oleh perusahaan minyak dan gas? Well, tentu benar, gaes! Meskipun perusahaan tersebut berkecimpung dalam dunia perminyakan dan gas, tetapi, lulusan Jurusan Psikologi pun sangat dibutuhkan disini. Wah, iya? Kenapa begitu?

Well, coba, yuk, kita cari tahu dulu, apa saja, sih, yang dipelajari lulusan psikologi dari jurusannya. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jurusan ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan manusia. Ilmu psikologi ini seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks.

Nah, dari penjabaran di atas, sudah jelas, dong, kenapa lulusan Jurusan Psikologi masih dicari oleh perusahaan minyak dan gas? Jawabannya karena perusahaan minyak dan gas itu sendiri membutuhkan orang-orang dari lulusan psikologi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan, rekrutmen tenaga kerja dan sebagainya. Dengan sumber daya manusia yang baik, tentu perusahaan pun akan memperoleh manfaat yang lebih banyak.

***

Lalu, bagaimana dengan lulusan di luar kelima jurusan tersebut? Apakah mereka nggak bisa masuk ke perusahaan perminyakan dan gas? Well, di dalam suatu perusahaan pastinya terbagi lagi menjadi beberapa divisi. Pastinya, lulusan jurusan yang lain pun memiliki peluang untuk masuk ke perusahaan tersebut.

Namun, karena biasanya perusahaan perminyakan dan gas mencari pekerja yang akan ditaruh di bagian lapangan dan berhubungan langsung dengan kondisi lingkungan, permesinan, minyak dan gas dan sebagainya, maka, lulusan yang berasal dari jurusan rumpun sains dan teknologi lebih banyak memiliki pilihan pekerjaan dibandingkan lulusan jurusan yang berasal dari rumpun sosial humaniora. Tetapi, jangan berkecil hati, gaes, kamu sama-sama memiliki peluang untuk masuk perusahaan ini, kok, semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: maxmanroe.com, pelajaran.co.id, colombostudies.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Ahmad Ridwan | 2 hari yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 3 hari yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Faris Nadhir | 9 hari yang lalu

Semoga cita²ku menjadi pilot terkabula yaa Allah amin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Zidna Ilmalana | 21 hari yang lalu

Emng knp llsn psntrn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Fatimah Ibtisam | 29 hari yang lalu

Hai Ilham, lmu Matematika juga dipakai dalam prodi Psikologi, khususnya yang berkaitan dengan statistika. Prodi Psikologi banyak melakukan riset, yang di antaranya menggunakan perhitungan statistik.

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1