5 Program Studi yang Berkaitan dengan Dunia Mode dan Fashion

Nggak bisa kita pungkiri, perkembangan dunia fashion di Indonesia bisa dikatakan mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan Indonesia, memiliki potensi sebagai salah satu pusat mode dunia—khususnya di bidang fashion muslim.

Hal tersebut bisa dibuktikan dari banyaknya generasi muda Indonesia yang berkarya dan dihargai karyanya hingga manca negara. Di antaranya adalah Dian Pelangi, Barlie Asmara, Jenahara Nasution, Didiet Maulana, Anne Avantie, Ivan Gunawan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anyway, kalau kamu sangat tertarik dan ingin terjun dalam dunia fashion. Ada, lho, program studi yang mendukung kesukaan kamu itu. Kira-kira, apa aja ya, pilihan program studinya? Check this out!

1. Tata Busana 

Fashion Design

Kamu senang menggambar sekaligus tertarik sama dunia fashion? Mungkin Tata Busana bisa jadi pilihan program studi yang tepat buat kamu.

Pada program studi ini kamu akan belajar mengenai teknik mendesain, belajar membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana, sepatu atau hal-hal lain yang berkaitan dengan fashion. Nggak cuma soal produksi, kamu bakal diajarin tentang analisa tren fashion yang berkembang, bagaimana cara marketing dan me-manajemen bisnis fashion hingga harus mengadakan fashion show sebagai tugas finalmu. Wah! Seru, banget nggak tuh?

Oyaa, di beberapa perguruan tinggi negeri program studi yang satu ini bernama program studi Tata Busana. Tapi, di beberapa perguruan tinggi swasta yang mengadopsi kurikulum internasional program studi ini lebih dikenal dengan nama Fashion Design.

Well, apa ada perbedaan dari kedua nama tersebut? Sebenarnya, secara keseluruhan mata kuliahnya, sih, hampir sama, gaes. Namun pada umumnya, program studi Fashion Design di perguruan tinggi swatsa, kamu juga akan mempelajari tentang fashion dari perspektif negara Paris sebagai kiblat fashion dunia dengan pencampuran budaya Indonesia.

2. Fashion Business/Fashion Management (Fashion Bisnis)

Dunia fashion erat kaitannya dengan dunia ekonomi. Nah… ada, lho, satu program studi khusus yang memang dibentuk untuk mendalami bisnis dalam dunia fashion. Yaps! Program studi itu bernama Fashion Bisnis.

Di program studi ini kamu akan mempelajari bagaimana mengatur bisnis dalam dunia fashion dan perilaku konsumen pada trend fashion saat ini berdasarkan sosial, ekonomi, dan elemen budaya. Dengan kata lain, program studi Fashion Bisnis berfokus kepada strategi apa yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mengerti apa yang konsumen inginkan.

Saat ini, belum ada perguruan tinggi negeri yang menyediakan konsentrasi Fashion Bisnis. Jadi, kalau kamu nggak jago gambar tapi tertarik buat kuliah di program studi yang berkaitan dengan dunia fashion, kamu harus memilih di perguruan tinggi swasta, ya, gaes.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV Creative Advertising/DKV New Media)  

DKV

Program studi selanjutnya yang bisa membawa kamu ke dunia fashion adalah DKV. Kenapa saya bisa bilang begitu?

Soalnya, dalam seri Profil Ayla Dimitri - Cerita Tentang Dunia Fashion, Karier, dan Kerja Keras, Ayla bercerita bahwa passion-nya ada di dunia fashion. Karena nggak di dukung Papa-nya untuk ngambil kuliah di program studi Fashion.  Akhirnya, Ayla ngambil program studi DKV.

Nah, dari sinilah, Ayla semakin dekat ke dunia fashion. Dia pernah membuat proyek clothing line bersama teman-temannya, jadi stylist dalam proyek fashion show di kampusnya hingga membuat dua potong baju untuk dipakai Andien saat dia manggung.

Well, meskipun di program studi ini, kamu akan belajar bagaimana mengolah pesan secara informatif, komunikatif, dan efektif, serta se-kreatif mungkin agar pesan bisa mencapai sasaran dengan memperhatikan unsur bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf, dan segala hal yang berkaitan dengan visual (pengelihatan).

Tapi, bisa dibilang program studi DKV adalah program studi yang bisa membawa kariermu ke dunia seni apa aja yang berhubungan dengan fashion—misalnya menjadi seorang desainer dari majalah fashion atau tim kreatif untuk acara fashion show.

Psstt… kalau kamu tertarik untuk masuk program studi DKV tahun depan. Cek, dulu plus minus hingga prospek kerjanya di sini.

4. Tata Rias dan Kecantikan/Make up Artistic (MUA)

Sama halnya seperti, fashion dan ekonomi. Fashion dan kecantikan adalah dua hal yang saling berkaitan, gaes. Dalam dunia kecantikan kamu bisa belajar gimana indahnya suatu fashion.

Beberapa hal yang dipelajari di program studi Tata Rias dan Kecantikan adalah mempelajari tata rias Indonesia dan internasional cara menyanggul, menata rambut, memotong rambut, merias wajah menggunakan bahan dan alat kosmetika.

Fyi, di program studi yang satu ini, kamu nggak cuma belajar gimana caranya make up. Tapi kamu juga belajar gimana cara membuat make up tersebut mampu merepresentasikan pakaian, kepribadian dan lain sebagainya.

5. Fotografi 

fotografi

Kamu punya hobi fototografi? Tapi tertarik di bidang fashion? Tenang! Pecinta fashion juga bisa memilih program studi Fotografi, lho.

Soalnya, salah satu profesi yang bisa digeluti dari hobi fotografi adalah menjadi Fotografer Fashion, gaes. Apalagi saat ini makin banyak fashion show yang diadakan, pastinya membutukan seorang fotografer profesional untuk menciptakan visual yang nantinya berguna dalam memasarkan produk fashion itu sendiri.  

Meskipun kata orang, mempelajari fotografi itu nggak perlu kuliah alias bisa dipelajari secara otodidak. Tapi kalau kamu kuliah di program studi ini, kamu bisa memperdalam skill fotografi dari pakarnya secara komprehensif—seperti belajar bagaimana teknik pengambilan gambar untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dengan mengetahui komposisi yang benar, pencahayaan yang baik, dan momen yang tepat.

Singkatnya, dengan mempelajari fotografi secara mendalam, kamu jadi lebih mengerti dan memahami keindahan suatu foto agar bisa menonjolkan seni fashion yang luar biasa, sehingga membuat orang tertarik untuk membelinya.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: frontdoorfashion.com, iacg.co.in, graftonacademy.com, kelas.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Robiatul Awaliyah | 25 menit yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Faris Nadhir | 6 hari yang lalu

Semoga cita²ku menjadi pilot terkabula yaa Allah amin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Zidna Ilmalana | 19 hari yang lalu

Emng knp llsn psntrn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Fatimah Ibtisam | 27 hari yang lalu

Hai Ilham, lmu Matematika juga dipakai dalam prodi Psikologi, khususnya yang berkaitan dengan statistika. Prodi Psikologi banyak melakukan riset, yang di antaranya menggunakan perhitungan statistik.

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi
Fatimah Ibtisam | 27 hari yang lalu

Hai Ronny, kamu bisa mendaftar FSRD ITB apabila kamu mengambil program IPA atau IPS.

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1