Program Studi ITB yang Memiliki Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Internasional

Institut Teknologi Bandung atau yang biasa disebut ITB, merupakan salah satu perguruan tinggi yang diminati oleh banyak orang. Nah, di tahun 2019 ini, ITB membuka tiga jalur seleksi untuk para calon mahasiswa. Tiga jalur seleksi itu adalah SNMPTN atau Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri, SBMPTN atau Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Mandiri.

Beberapa minggu yang lalu, pendaftaran SNMPTN sudah ditutup, gaes! Akan tetapi, kamu masih bisa mengikuti dua jalur seleksi yang lain, lho, untuk menjadi mahasiswa ITB. Nah, sebelum kamu mendaftar dan memilih ITB sebagai universitas pilihanmu, kamu harus tahu terlebih dahulu, gaes, tentang akreditasi program studi strata satu di ITB.

Untuk program studi strata satu alias S1 dengan akreditasi A di ITB, menurut BAN-PT memiliki persentase sebanyak 87,5%. Kamu penasaran nggak, sih, program studi apa saja yang memiliki akreditasi A di ITB? Kalau kamu penasaran, cek di artikel ini, ya: Program Studi di ITB dan Akreditasinya yang Wajib Kamu Tau.

Kamu pun harus tahu, gaes, ITB nggak hanya mengantongi akreditasi dari BAN-PT saja, lho, akan tetapi, ITB pun mengantongi akreditasi dari lembaga-lembaga akreditasi internasional, keren banget, kan, gaes? Lembaga akreditasi internasional yang memberikan penilaian dan akreditasi kepada ITB ialah ABET, ASIIN, RSC, KAAB, JABEE, ABEST21 dan IABEE. Berikut adalah program studi strata satu yang mendapatkan akreditasi dari tujuh lembaga akreditasi internasional:

1. ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology)

ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) ITB

ABET merupakan lembaga akreditasi dari Amerika Serikat, yang dimana, lembaga ini memberikan akreditasi kepada tiga belas program studi strata satu di ITB, yaitu:

1. Program Studi Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB

2. Program Studi Teknik Kelautan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB

3. Program Studi Teknik Fisika , Fakultas Teknologi Industri ITB

4. Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri ITB

5. Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB

6. Program Studi Teknik Industri , Fakultas Teknologi Industri ITB

7. Program Studi Teknik Lingkungan , Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB

8. Program Studi Teknik Sipil , Fakultas Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB

9. Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB

10. Program Studi Teknik Pertambangan Opsi Tambang Umum, Fakultas Teknik Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB

11. Program Studi Manajemen Rekayasa Industri, Fakultas Teknologi Industri ITB

12. Program Studi Teknik Telekomunikasi, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB

13. Program Studi Teknik Tenaga Listrik, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB

2. ASIIN. e.V. (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften un der Mathematik)

ASIIN e.V ITB

ASIIN merupakan lembaga akreditasi dari Jerman, yang dimana, lembaga ini memberikan akreditasi kepada sebelas program studi strata satu di ITB, yaitu:

1. Program Studi Fisika , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB

2. Program Studi Matematika , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB

3. Program Studi Astronomi , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB

4. Program Studi Biologi , Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB

5. Program Studi Mikrobiologi , Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB

6. Program Studi Sains dan Teknologi Farmasi, Sekolah Farmasi ITB

7. Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas, Sekolah Farmasi ITB

8. Program Studi Teknik Mesin , Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB

9. Program Studi Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB

10. Program Studi Teknik Material, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB

11. Program Studi Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan ITB

3. JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education)

JABEE merupakan lembaga akreditasi dari Jepang, yang dimana, lembaga ini memberikan akreditasi kepada satu program studi strata satu di ITB, yaitu:

1. program Studi Teknik Metalurgi, Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan ITB

4. KAAB (Korean Architectural Accrediting Board)

Korean Architectural Accrediting Board KAAB ITB

KAAB merupakan lembaga akreditasi dari Korea Selatan, yang dimana, lembaga ini memberikan akreditasi kepada satu program studi strata satu di ITB, yaitu:

1. Program Studi Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB

5. RSC (Royal Scociety Of Chemistry)

RSC merupakan lembaga akreditasi dari Inggris, yang dimana, lembaga ini memberikan akreditasi kepada satu program studi di ITB, yaitu:

1. Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam ITB

6. ABEST21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization)

ABEST21 merupakan lembaga akreditasi dari Jepang, yang dimana, lembaga ini memberikan akreditasi kepada dua program studi strata satu di ITB, yaitu:

1. Program Studi Manajemen , Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB

2. Program Studi Kewirausahaan, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB

7. IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education)

IABEE ITB

IABEE merupakan lembaga akreditasi dari Indonesia, yang dimana, lembaga ini memberikan akreditasi kepada dua program studi strata satu di ITB, yaitu:

1.  Program Studi Rekayasa Hayati , Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB

2. Program Studi Rekayasa Pertanian, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB

***

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek di website resmi ITB yaitu spm.itb.ac.id/penjaminan-mutu-eksternal/daftar-program-studi-terakreditasi-internasional/.  Dari jurusan yang sudah disebutkan di atas, adakah jurusan yang menjadi pilihanmu? Semoga kamu dapat berkuliah di jurusan yang kamu minati di ITB, ya. Semangat!

Baca juga:

Inilah Daya Tampung ITB pada SBMPTN 2019 dan Peluang Masuknya

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

7 Kawasan Kos-Kosan Favorit Anak ITB

(Sumber gambar: ayokuliah.id, kaab.or.kr, bpm.unair.ac.id, tl.itb.ac.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 22 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 27 hari yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Indriani | 1 bulan yang lalu

min masa cuti saya sudah selesai terus sya lanjut kuliah lgi tpi pas penawaran batas SKS yang saya ambil cmn 16 SKS pdhl sy ingat IPK sebelum cuti saya 3.20 hrusanya kn 24 SKS kn bantu jawab min sya smpe gk bisa tdr gara2 mikirin ini

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Deni Y | 1 bulan yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1