Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan

Sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi alias berkuliah, kamu pasti memerlukan informasi mengenai kampus yang ingin kamu tuju itu bukan? Sayangnya, mencari informasi seputar kampus memang bukanlah perihal yang mudah.

Meskipun demikian, kamu nggak usah terlalu khawatir atau bingung buat melakukan apa. Kalau kamu lebih berusaha lagi, ada, lho, beberapa cara sederhana (tapi sangat efektif) untuk membantu kamu dalam mendapatkan informasi seputar kampus yang kamu inginkan. Bagaimana caranya? Yuk, langsung saja kepoin penjelasannya di bawah berikut ini.

1. Datang langsung ke kampus yang kamu inginkan dan jelajahi seluruh isi kampus

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk yakin bahwa kampus itu adalah tempat yang tepat buat kamu adalah dengan berkunjung langsung ke kampus yang kamu inginkan. Saat melakukan kunjungan kampus, jangan lupa juga jelajahi seluruh tempat penting yang ada di kampus tersebut. Mulai dari ruangan kelas, aula kampus, perpustakaan, bagaian akademik dan kesekretariatan, kantin kampus hingga tempat ibadah.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gambaran yang lengkap mengenai kampus yang kamu tuju, sehingga kamu bisa tahu apakah kampus ini sudah tepat dengan skill yang kamu miliki atau nggak, apakah kamu sudah yakin terhadap pilihanmu, dan lain sebagainya.

2. Berkenalan dan ajak diskusi mahasiswa yang sedang berkuliah di sana

Ketika menjelajahi kampus, kamu harus berani nyamperin dan bertanya langsung sama kakak-kakak mahasiswa yang lagi nyantai di  lingkungan kampus (ingat, ya, harus tetap sopan saat bertanya). Kenapa demikia?

Soalnya, mahasiswa yang sudah terlebih dahulu berkuliah di sana pasti memiliki pengalaman dan informasi lebih serta sudah paham betul mengenai dunia perkuliahan di kampus tersebut. Tanyakan sebanyak-banyaknya soal kampus, program studi, aktivitas kampus, dan hal-hal lainnya yang ingin kamu ketahui.

3. Kepoin berbagai aktivitas mahasiswa yang tersedia di papan pengumuman

Sama seperti di sekolah, di setiap kampus pun juga memiliki papan pengumuman atau mading yang sengaja dipasang di setiap sudut untuk memberikan informasi kepada para mahasiswa, lho. Nah, kalau kamu malu bertanya pada kakak-kakak senior yang ada di sana atau pas kamu sedang berkunjung ke kampus timing-nya nggak pas a.k.a kakak-kakak seniornya lagi ada kelas, ngerjakan tugas, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencari tahu aktivitas-aktivitas mahasiswa di kampus tersebut lewat papan pengumuman tersebut.

Sebab, biasanya papan pengumuman tersebut berisi berbagai informasi seputar acara dalam dan luar kampus. Dari sana, kamu bisa tahu hal-hal seru apa yang lagi happening di kampus tersebut—mulai dari kegiatan akademik, acara kampus atau program studi, UKM bahkan sampai beasiswa.

Tentunya, informasi-informasi seperti itu sangat membantu kamu untuk lebih mememahami kampus serta para mahasiswanya bukan?

4. Kunjungi laman resmi kampus yang diinginkan

Yap! Kamu harus berterimakasih dengan keberadaan internet. Kenapa? Soalnya, kalau kamu mau korek-korek informasi kampus di jaman sekarang sudah nggak sesulit jaman dulu dan kamu pun nggak perlu repot panas-panasan di jalan.

Singkatnya, kalau kamu nggak memiliki waktu luang untuk datang ke kampus tujuanmu karena harus belajar buat persiapan ujian sekolah, UTBK atau seleksi mandiri. Cobalah mencari tahu kampus tersebut dengan mengunjungi laman kampus yang telah tersedia di internet. Melalui laman kampus tersebut kamu bisa menemukan segala informasi seputar program studi yang kamu inginkan beserta fakultasnya, lho. Di antaranya adalah daftar mata kuliah, jumlah SKS, biaya studi, dan lain-lain.

5. Bergabung dengan forum tanya jawab seputar kampus yang tersedia di internet

Selain mengunjungi laman kampus, berkat kecanggihan internet juga kamu bisa bergabung dengan forum-forum tanya jawab mengenai kampus, fakultas dan program studi tertentu. Memangnya bisa? Caranya gimana?

Caranya, coba, deh, kamu cari di google forum atau berbagai platform media sosial yang membahas mengenai info-info tersebut. Kalau kamu sudah menemukan, manfaatkan sebanyak-banyaknya untuk mengorek informasi kampus, fakultas dan program studi tertentu secara keseluruhan.

Eits… ada tips satu lagi, nih, gaes. Kalau kamu mau riset kampus, tapi nggak mau ribet-ribet. Tinggal buka direktori kampus Rencanamu di sini. Segala informasi kampus yang kamu butuhkan dipastikan sudah ada di sana. Kamu bahkan bisa membaca review para mahasiswa sebagai tambahan informasi dari sudut pandang orang dalam yang sudah memahami kampusnya. Bermanfaat sekali bukan, gaes?

***

Itu dia beberapa cara mudah untuk membantu kamu dalam mendapatkan informasi seputar kampus yang kamu inginkan. Lakukanlah cara-cara di atas sebelum kamu memutuskan kampus mana yang ingin kamu tuju, ya. Well, hal ini sangat bermanfaat untuk dilakukan biar kamu nggak salah kampus dan program studi!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: promotionaldrives.com, ingeniux.com, ie.edu)

LATEST COMMENT
MUHAMMAD RAFIF KURNIAWAN | 1 hari yang lalu

Itu untuk tipe=Investigatif, karena Jurusan Kuliah Eksakta atau Jurusan Kuliah Ilmu Pasti Itu Untuk Kepribadian=Investigatif, Kayaknya.

Cari Tahu Jurusan Kuliah yang Sesuai Dengan Kepribadian Kamu Lewat Kode Holland!
Syakira Al Aafiyah | 2 hari yang lalu

Sangat membantu bagi yang kebingungan ingin berteman dngan siapa

Berteman dengan Siapa Saja VS Pilah-Pilih dalam Berteman?
ceyi | 3 hari yang lalu

kamu bisa linjur di SBM aja, SNM peluangnya kecil banget karena lebih prioritasin anak IPS

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Nanda Kyala | 3 hari yang lalu

Kak saya mau bertanya, jika anak IPA mengambil lintas jurusan Manajemen bisa tidak kak? Dan kira-kira jika bisa itu di univ mana ya kak? Tolong di jawab ya kak. Terimakasih

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1