7 Keuntungan Kuliah di Inggris

Bagi kamu yang berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, universitas di Inggris bisa menjadi pilihan yang menarik. Soalnya, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan kuliah di Inggris.

Banyak anak muda Indonesia memilih Inggris sebagai tempat belajar untuk studi sarjana atau pascasarjana. Termasuk di antaranya nama beken seperti Gita Gutawa, Maudy Ayunda, dan Vidi Aldiano yang merupakan lulusan Inggris. Apa keuntungan kuliah di UK? Simak 7 alasannya berikut ini.

1. Masa studi lebih cepat. Di beberapa negara, program sarjana diselesaikan dalam 4 tahun. Untuk mahasiswa internasional, bisa lebih lama lagi. Nah, di Inggris, masa studi sarjana bisa ditempuh hanya dalam waktu 3 tahun. Bahkan untuk pelajar internasional seperti dari Indonesia. Ini berarti bahwa jika kuliah di Inggris, kamu akan selangkah lebih maju.

2. Program magister hanya 1 tahun. Ya, bukan hanya masa studi S1 yang lebih cepat, tetapi program master atau S2 di Inggris hanya membutuhkan waktu 1 tahun. Itu sebabnya, setelah lulus S1 di Inggris, banyak mahasiswa yang langsung melanjutkan ke jenjang magister.

3. Tidak ada kendala bahasa. Siswa Indonesia sudah familiar dengan bahasa Inggris. Apalagi tempat les bahasa Inggris ada dimana-mana. Jadi kamu tidak akan memiliki masalah dengan bahasa. FYI, untuk belajar di Inggris, kamu harus menyertakan skor hasil tes IELTS 6.0 untuk S1 dan 6,5 untuk studi S2. Selain IELTS, kamu bisa mengambil tes serupa seperti TOEFL, TOEFL Home Edition, atau Pearson (PTE).

4. Inggris merupakan salah satu tempat terbaik untuk melanjutkan studi. Mulai dari perkuliahan di bidang Bisnis, Desain, Sosial Politik, hingga Kesehatan. Penelitian akademik maupun penelitian ilmiah di sana juga berkembang pesat. Plus, kemajuan teknologi dan industrinya. Salah satu perpustakaan terbesar di dunia pun ada di Inggris! Jadi, kamu akan memiliki kesempatan untuk menimba ilmu sekaligus memperoleh wawasan yang luas di negeri ini.

5. Selain belajar, mahasiswa juga berkesempatan untuk magang. Kesempatan emas untuk melatih soft skill seperti kolaborasi, kemandirian, dan komunikasi. Tentu saja, pengalaman magang di Inggris ini akan sangat baik untuk CV-mu.

6. Inggris adalah negara multikultural, dengan orang-orang dari berbagai ras dan budaya. Sebagai mahasiswa internasional, kondisi ini menguntungkanmu. Kamu akan mudah beradaptasi di lingkungan multikultural.

7. Dapat menjelajahi berbagai tempat dan mendapatkan banyak pengalaman baru. Inggris adalah negara yang indah, dengan banyak bangunan bersejarah, kota budaya, dan pedesaan yang indah. Inggris juga dekat dengan negara-negara Eropa lainnya, jadi kalau kuliah di sana bisa jalan-jalan ke berbagai daerah di Eropa.

Peluang bagi Pelajar Indonesia

Masih banyak lagi keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Salah satu kampus yang menawarkan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia adalah Northampton University. Terletak di kawasan Northampton, sekitar 1 jam dengan kereta api dari pusat kota London. Apa aja yang perlu kamu persiapkan dan ketahui untuk belajar di Northampton University?

A. Biaya dan Beasiswa

Pendidikan sarjana adalah selama 3 tahun, dengan biaya £ 14,000 per tahun . Sedangkan pendidikan master (S2) hanya 1 tahun dengan biaya £15.000 dan untuk MBA adalah £16.000.

Kini, pelajar Indonesia berkesempatan mendapatkan beasiswa berupa potongan biaya kuliah sebesar 10 persen, 20 persen, atau 30 persen. Lumayan banget, bisa menghemat hingga puluhan juta per tahun!

B. Persyaratan pendaftaran

Ketentuannya antara lain adalah:

* Ijazah dan rapor (atau transkrip nilai S1 untuk daftar S2)

* Skor IELTS 6.0 untuk mendaftar S1 dan 6.5 untuk S2. Kamu juga dapat menggunakan tes TOEFL, TOEFL ibt Home Edition, dan Pearson (PTE).

* Fotokopi paspor

* Surat referensi akademik. Surat ini dapat dibuat oleh gurumu.

* Pernyataan pribadi atau semacam esai yang menjelaskan mengapa kamu tertarik untuk belajar di University of Northampton beserta alasan mengambil program studi yang dipilih.

C. Program Studi

University of Northampton menawarkan berbagai mata pelajaran pasir untuk kamu pilih, berikut di antaranya.

Pilihan program studi sarjana:

1. Business Management (Manajemen Bisnis)

2. Artificial Intelligence & Data Science (Kecerdasan Buatan & Data Sains)

3. Graphic Communication (Komunikasi Grafis)

4. Creative Film, TV, and Digital Media Production

5. Farmakologi

Pilihan program studi Magister/S2

1. MBA

2. Manajemen Proyek 

3. Kesehatan Masyarakat

4. Computing 

(Sumber gambar: Dokumentasi Northampton University)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 1 bulan yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1