Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!

Rencanamu menandatangani kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk layanan SIAP KULIAH bagi anak SMA. Jadi, kamu yang berstatus anak SMA/sederajat bisa memanfaatkan tes minat bakat secara gratis plus mengeksplorasi ratusan pilihan program studi dan karier. Simak info lengkapnya.

Banyak pelajar fokus menyiapkan diri untuk tes masuk perguruan tinggi, namun kurang menggali apa minat dan kemampuan dirinya. Selain itu, pengetahuan tentang berbagai program studi dan karier juga minim. Hasilnya, pemahaman soal prodi yang setengah-setengah atau malah salah kaprah. Banyak juga siswa yang pilihan prodi dan keinginan kariernya nggak nyambung. Alhasil, pas kuliah merasa salah jurusan, deh.

Sebagai informasi, menurut survei yang dilakukan Rencanamu terhadap lebih dari 2 juta penggunanya, 50 persen mahasiswa merasa salah jurusan. Banyak sekali, ya? Rencanamu juga menangkap keresahan 92 persen siswa SMA/sederajat yang bingung ingin mengambil prodi apa setelah lulus nanti.

Apakah kamu juga merasa seperti itu?

Bagus banget jika kamu sudah mantap dengan pilihan program studi dan rencana masa depan. Namun, nyatanya memang masih banyak yang ragu. Nah, permasalahan ini juga disadari Direktorat SMA Kemdikbud.

Hasilnya, Rencanamu dan Kemdikbud khususnya Direktorat SMA memutuskan untuk bekerja sama, sehingga semua pelajar SMA di Indonesia baik kelas 10, 11, 12 dapat mengakses layanan SIAP KULIAH dari Rencanamu secara GRATIS.

Buat kamu yang duduk di bangku SMA, langsung aja daftar Rencanamu secara cuma-cuma, dan kamu akan mendapatkan:

I. Asesmen Psikologi

1. Asemen Kepribadian

Jadi, kamu cukup menjawab pertanyaan yang diberikan dengan apa adanya. Trus bakal dianalisa bagaimana gambaran kepribadian kamu. Di antaranya, apakah kamu termasuk orang yang cenderung ekstrovert, introvert, atau di antara keduanya? Apa yang memengaruhimu saat mengambil keputusan? Trus, dijabarkan pula apa kekurangan dan kelebihanmu, bagaimana kamu dalam lingkungan sosial, gaya bekerja dan belajarmu, hingga tokoh yang kepribadiannya mirip denganmu.

Penting banget sih, mengenal kepribadian diri. Bukan hanya untuk memilih prodi, tapi juga untuk menyusun strategi terbaik terutama yang berkaitan dengan rencana masa depan.

Hasil kepribadian

2. Asesmen Minat

Hasilnya merupakan gambaran yang paling sesuai dengan minatmu. Asesmen Minat ini membantumu melihat apa yang dirimu inginkan. Soalnya, kadang kita suka blank, atau merasa berminat berkecimpung suatu bidang, padahal tidak. Misalnya, merasa tertarik pada bidang seni, namun kenyataannya nggak suka kegiatan yang berhubungan dengan seni.

Serunya lagi, hasil analisanya personal banget, karena dibuat berdasarkan jawaban tiap orang.

3. Asesmen Gaya Belajar

Gaya belajarmu juga diamati melalui jawaban soal kebiasaanmu. Sehingga kamu tahu nih, faktor apa saja yang memengaruhi konsentrasi dan produktivitasmu, terutama dalam soal belajar.

4. Asesmen Personal Value (nilai personal)

Seperti halnya tes kepribadian, nggak ada hal yang benar atau salah dalam tes ini. Intinya adalah mengamati hal apa saja yang kamu anggap penting. Nah, value tiap orang sangat mungkin berbeda. Personal value dapat memengaruhi gaya kamu ketika beraktivitas dan bekerja nantinya.

5. Asesmen Kemampuan

Nah, Asesmen Minat bakalan diimbangi dengan pengukuran dan analisa terhadap kemampuanmu. Kamu mesti fokus nih, menghadapi tes ini, karena dicari jawaban yang benar. Tesnya pun macam-macam, ada yang mengutak-atik angka, pola gambar, bangun ruang, hingga kemampuan membaca.

Tiap bagian soal ada batas waktunya. Kamu harus cepat, cermat, dan tepat. Untuk beberapa tipe soal, kamu akan membutuhkan kertas coret-coretan. Menantang banget, deh!

Tip mengerjakannya adalah kamu harus dalam kondisi yang baik, jangan ketika lagi ngantuk atau banyak distraksi.

Nah, kemampuan yang dianalisa terbagi menjadi:

  • Kemampuan Kognitif
  • Penalaran Induktif
  • Penalaran Deduktif
  • Memahami Bacaan
  • Ketepatan dan Ketelitian
  • Logika Matematika/Penalaran Angka
  • Visualisasi

tes minat

Nah, tiap kemampuan ini akan dibahas, seberapa tingkat kemampuanmu, bagaimana jika kamu bekerja/belajar dengan kemampuan tersebut, serta apa saja kekurangan dan kelebihanmu terkait tiap skill. Selain itu, diberikan pula petunjuk untuk meningkatkan tiap jenis kemampuan. Lengkap dan bermanfaat.

Nah semua asesmen di atas nggak sembarangan lho, karena disusun oleh tim psikolog Rencanamu dengan berbasis sains serta teknologi terkini.

II. Direktori Jurusan & Karier

1. Cari Program Studi

Ada ratusan program studi yang bisa kamu akses di Rencanamu.  Tiap prodi akan dibedah dengan info yang meliputi:

  • Apa yang dipelajari di prodi tersebut dan mengapa prodi tersebut menarik
  • Contoh mata kuliah
  • Prospek karier
  • Cerita mahasiswa dan alumni prodi tersebut
  • Pilihan kampus
  • Kecocokan tiap prodi dengan DIRIMU. Akan dijelaskan juga sejauh mana kecocokanmu dengan masing-masing program studi.  Ini penting dan bermanfaat banget.

jurusan

2. Cari Profesi dan Karier

Seperti halnya direktori Program Studi, informasi Profesi dan Karier juga cukup lengkap dan to the point. Di antaranya:

  • Kisaran gaji (terutama untuk fresh grad)
  • Penjelasan singkat mengenai profesi
  • Deskripsi tugas dalam bentuk pointers
  • Keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalani profesi
  • Latar belakang pendidikan yang dibutuhkan
  • Cerita orang dengan profesi tersebut
  • Tingkat kecocokan kamu dengan profesi tersebut beserta penjelasannya

3. Direktori Perguruan Tinggi

Selain informasi formal soal perguruan tinggi, seperti prodi, biaya kuliah, dan akreditasi, adapula berbagai masukan dari mahasiswa dan alumni mengenai kampusnya. Mulai dari bagaimana tipe dosen dan pengajaran dalam perkuliahan, hingga rekomendasi tempat makan dan ngekos di kisaran kampus.  

C. Profil dan Informasi Lainnya

Banyak lagi yang kamu akan dapatkan seputar persiapan kuliah, di antaranya

1. Artikel

Ada berbagai artikel berisi info, tip, berita, inspirasi, hingga pembahasan seru berkaitan dengan persiapan seleksi masuk kuliah, UTBK, beasiswa, tip menghadapi perkuliahan, dan materi lainnya.

contoh artikel

2. Profil

Kamu akan diminta mengisi data seperti pendidikan formal dan non formal, serta kemampuan.  Nantinya profil tersebut akan disajikan dalam format CV dan dapat di-download. Cocok banget untuk mendaftar magang, beasiswa, volunteer, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga akan dibagikan informasi seputar kesempatan beasiswa, lowongan magang, webinar, pendaftaran perguruan tinggi, dan lainnya.

***

Perlu kamu ketahui bahwa sejak 2017 Rencanamu telah membantu lebih dari 2 juta siswa tingkat SMA/sederajat melalui program SIAP KULIAH. 

Rizky Muhammad, Founder & CEO Rencanamu pun memaparkan, “Rencanamu terbukti sangat efektif dalam membimbing peserta didik terkait persiapan kuliah serta perencanaan jurusan dan karier. Berdasarkan data Rencanamu dalam 3 tahun terakhir, lebih dari 90 persen pengguna Rencanamu merasa lebih yakin dan mengetahui tujuan mereka setelah menggunakan Rencanamu.”

Lebih jauh, Rencanamu sangat mendukung program pemerintah untuk memberikan program bimbingan karier dan persiapan kuliah bagi siswa di seluruh Indonesia. “Kami bekerja sama dengan Direktorat SMA agar dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi seluruh peserta didik tingkat SMA di Indonesia,” ungkap Rizky.

Jadi, untuk kamu yang duduk di bangku SMA, sudah bisa mengakses berbagai fitur Rencanamu yang disebutkan di atas. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya, ya!

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 15 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 19 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1