Bedah Prodi di School of Computer Science BINUS University

School of Computer Science atau Fakultas Ilmu Komputer merupakan salah satu fakultas terbaik di BINUS University dan memiliki akreditasi A. Tak heran jika prodi di School of Computer Science jadi favorit banyak orang. Simak berbagai program studi yang ditawarkan School of Computer Science BINUS University. Psst, untuk mendaftar prodi berikut ini harus lulusan SMA/MA IPA atau SMK dengan kejuruan yang sejalan, ya.

1.Computer Science

Masa studi: 3.5 hingga 4 tahun

Total Biaya kuliah: Rp205,240,000

Computer Science atau Teknik Informatika merupakan program studi yang nggak asing lagi di bidang teknologi. Prodi ini banyak membahas soal pengetahuan dan etika dalam ilmu komputer. Trus, dipelajari pula soal pengelolaan data, jaringan, kecerdasan buatan (AI), hingga multimedia.

Skill yang didapatkan lulusannya antara lain kecakapan mendesain software baik untuk aplikasi, komputer, multimedia, database dan lainnya. Selain di Jakarta, prodi Computer Science juga dibuka di BINUS @Malang dan BINUS @BANDUNG.

Beberapa mata kuliah: Information Visualization, Multimedia Programming Foundation, Database Design, Big Data Processing, Computer Security, Web Programming, Data Mining, Game Design Programming

Prospek Karier: Software Engineer/Developer, System Analyst/Developer, Web Engineer/Developer, Computer Network Specialist, Database Specialist, Artificial Intelligence Specialist, Data Scientist, IT Support/Consultant, Multimedia Programmer.

Bocoran perkuliahan: “Saya memilih Computer Science BINUS University karena:

  1. Reputasi program studi ini.
  2. Program kuliah 3+1 dan kesempatan untuk kuliah di luar negeri
  3. Ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, karena bahasa pengantarnya adalah Inggris” Kornelius Samuel, Binusian 2015

2. Game Application and Technology (GAT)

Masa studi: 3.5 hingga 4 tahun

Total Biaya kuliah: Rp205,240,000

Bagaimana cara merancang game, menyusun aplikasi permainan, serta membuat karakter merupakan materi dalam prodi ini. Di GAT, ilmu programming dan pengembangan game berpadu dengan kreativitas serta inovasi teknologi.

Seperti yang kita tahu, industri game sangat menjanjikan serta berkembang pesat seiring inovasi teknologi. Nah, lulusan Game Application and Technology sangat dibutuhkan untuk berkarya di bidang ini. Nggak hanya bekerja di perusahaan game, alumni GAT juga berpeluang memproduksi game sendiri.

Beberapa mata kuliah: Operating System , Compilation Techniques , Game Animation, Program Design Method, Human and Computer Interaction ,  Mobile & Web Game Programming, Game Tools Development.

Karier:  Game Engineer Developer , Game Designer , Technical Artist , Audio Engineer , Game Directorcer,  Game Content Provider

3. Mobile Application and Technology

Masa studi: 3.5 hingga 4 tahun

Total Biaya: Rp205,240,000

Coba cek, berapa banyak aplikasi yang ada di hapemu? Mulai dari media sosial, layanan kendaraan online, mobile banking, media social, uang virtual, market place, aplikasi belajar, dan lain sebagainya. Nah, aplikasi itu harus diperhitungkan segala sesuatunya seperti fungsinya, kemudahan digunakan pemakai, tampilannya, fitur yang tersedia, dan lain sebagainya.

Mahasiswa Mobile Application and Technology diberikan pengetahuan serta skill seputar mobile computing, komunikasi, and kewirausahaan. Kompetensi lulusannya antara lain mengambangkan sistem software dan mengembangkan desain kreatif untuk teknologi mobile.

Prospek Karier: Mobile Software Engineer/Developer, Mobile Games Designer & Mobile Games Developer, Mobile Business Application Developer, Mobile User Experience Designers, Mobile User Interface Architec, Information Analyst in Decentralized Businesses, IT Consultant

Beberapa mata kuliah: Algorithm Design and Analysis, Mobile Creative Design, Artificial, Software Engineering, Compilation Techniques, Human and Computer Interactio, Mobile, Market Web Design

4. Cyber Security

Waktu kuliah: 3.5 hingga 4 tahun

Biaya Kuliah Total: Rp205.240.000

Kebayang nggak sih, betapa kacaunya sebuah perusahaan jika sistem datanya error karena virus? Atau saat mobile banking/internet banking nggak bisa diakses penggunanya lantaran ulah hacker? Nah, itulah pentingnya keamanan siber.  Ya, masalah serangan siber merupakan ancaman besar bagi perusahaan atau institusi. Makanya, studi di bidang Cyber Security makin dibutuhkan.

Di prodi ini, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan skill seputar keamanan sistem komputer. Kemampuan hacking juga akan diasah, dengan tujuan mengetes sistemnya, supaya bisa terlindungi  dari berbagai serangan cyber.

Contoh Mata Kuliah: Artificial Intelligence, Network Penetration Testing, Algorithm Design & Analysis, Cyber Law, Computer Forensic, dan Secure Programming. 

Prospek Karier: Software security developer, spesialis jaringan komputer, analis keamanan (sistem computer), cyber forensic Investigator, dan penetration tester.   

Bocoran perkuliahan: “Di program studi Cyber Security, kita mempelajari dasar-dasar yang sama dengan IT/computer science. Hanya saja belajar lebih dalam mengenai sistem-sistem yang ada di komputer. Kita juga diajarkan bagaimana ethical hacking atau cara meretas suatu sistem sesuai dengan etika yang berlaku dan hukum yang berlaku. Salah satu alasan memilih program studi ini karena lapangan pekerjaannya yang sangat luas di masa depan.” Monica Caristhea, Cyber Security BINUS University.

5.Data Science

Waktu kuliah: 3.5 hingga 4 tahun

Biaya Kuliah Total: Rp205.240.000

Perkembangan teknologi yang pesat menghasilkan data yang luar biasa banyaknya. Data ini pun menjadi “aset” penting dalam berbagai bidang. Misalnya, data konsumen, data bencana dari tahun ke tahun, data dan berbagai informasi lainnya. Data juga menjadi pegangan berbagai institusi dalam mengambil keputusan.

Data Science pun menjadi program studi terbaru dalam School of Computer Science BINUS University. Selain ilmu dan keahlian di bidang teknologi, mahasiswanya juga dibekali dengan pengetahuan statistika. Dipelajari pula soal dunia usaha, supaya lulusan Data Science bisa mengetahui kebutuhan berbagai perusahaan.

Prospek Karier: Data Analyst, Data Scientis, Business Analyst, dan data engineer.

Ada Program Studi Ganda Juga!

Selain keempat prodi di atas, adapula program studi ganda, alias kuliah dua program studi S1 secara berbarengan  Nantinya mahasiswa akan mendapatkan dua bidang ilmu yang beda, namun bisa nyambung. Susunan mata kuliahnya udah diatur oleh BINUS University.

Program studi yang bisa kamu pilih adalah:

Computer Science & Applied Statistics

Computer Science & Applied Mathematics

Waktu kuliah: 4.5 hingga 5 tahun

Total Biaya Kuliah: Rp224,680,000

Lebih lengkapnya soal program studi ganda alias double program BINUS University bisa kamu baca di sini:

Double Programs di BINUS University

(Sumber gambar: Pexels.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 4 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 15 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 16 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1