Kemampuan-Kemampuan yang Dipelajari Oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi

"Anak Ilkom a.k.a Ilmu Komunikasi itu paling cuma belajar ngomong doang, kan?"

Pernah nggak mendengar kalimat tersebut?

Yap! Mungkin buat mahasiswa Ilmu Komunikasi pernyataan seperti di atas bukan hal yang asing lagi. Pasalnya, stigma itulah yang selalu dibicarakan oleh beberapa orang dan melekat pada mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Padahal, pada kenyataannya mahasisiwa Ilmu Komunikasi itu nggak cuma mempelajari cara berbicara saja, lho, gaes. Ada banyak kemampuan-kemampuan lain yang mereka pelajari.

Misalnya, program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia, pada tahun 2016, ada 4 peminatan yang bisa dipilih mahasiswa—seperti Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Periklanan, dan Kajian Media (baca selengkapnya di sini). Dari peminatan-peminatan ini, kebukti ‘kan, kalau program studi Ilmu Komunikasi itu nggak cuma belajar ngomong saja.

Lalu, kira-kira kemampuan-kemampuan apa, sih, yang dipelajari mahasiswa Ilmu Komunikasi? Penasaran? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Public speaking

Ya, namanya saja program studi Ilmu Komunikasi. Sudah pasti, public speaking menjadi salah satu kemampuan dasar yang wajib dipelajari oleh mahasisiwa Ilmu Komunikasi.

Public speaking sendiri merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan yang efisien dengan baik sehingga pendengar dapat lebih memahami perkataan yang diucapkan. Public speaking nggak cuma sekedar ngomong saja, nih, gaes. Kamu juga harus memperhatikan gestur tubuhmu.

2. Marketing

Kamu merasa memiliki kemampuan memasarkan sebuah produk, tapi kamu ingin kuliah di program studi Ilmu Komunikasi?

Tenang… kamu tetap bisa, kok, mempelajari keduanya. Sebab, kemampuan selanjutnya yang dipelajari oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah marketing. Maksud dari marketing atau pemasaran yang dipelajari di program studi Ilmu Komunikasi ini sendiri adalah kemampuan penjualan secara umum dan berlandaskan pada prinsip-prinsip pemasaran.

3. Riset

Aku nggak punya kemampuan memasarkan produk, tapi aku orangnya suka menganalisa dan kritis. Kira-kira kalau masuk program studi Ilmu Komunikasi masih bisa nggak, ya?

Bisa, dong! Kalau kamu orangnya suka berpikir keras dan kritis banget, program studi Ilmu Komunikasi mungkin bisa jadi salah satu pilihanmu. Sebab, saat di bangku kuliah nanti, kemampuan yang akan kamu pelajari adalah mengenai riset.

Riset yang akan kamu pelajari disini adalah gabungan antara soft skill dan hard skill—yang berupa pengetahuan dan teori riset, pengolahan data serta keterampilan menganalisa dan bersikap kritis.  

4. Manajemen

Saya rasa, semua program studi secara nggak langsung juga akan mempelajari manajemen. Karena pada dasarnya manajemen memang kemampuan yang umum. Apalagi, saat ini manajemen merupakan kemampuan yang paling banyak dibutuhkan perusahaan saat ini.

Pada umumnya, kemampuan manajemen yang akan kamu pelajari itu  seperti mengatur waktu dan mengoordinasikan berbagai hal agar bisa lebih efektif dan efisien.

5. Menulis berita

Seprti yang sudah saya sebutkan, salah satu peminatan yang tersedia dalam program studi Ilmu Komunikasi adalah Jurnalistik. Inilah yang membuat mahasiswa Ilmu Komunikasi juga akan mempelajari kemampuan dalam menulis berita. Sebab, beberapa orang yang bekerja sebagai pencari berita, umumnya merupakan lulusan Ilmu Komunikasi.

6. Videografi

Pada dasarnya, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kesempatan berkarier mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi juga ikut berkembang, gaes.

Oleh karena itulah, mahasiswa Ilmu Komunikasi juga dituntut mempelajari kemampuan penggunaan teknologi untuk membantu kinerjanya di dunia Periklanan atau Industri Media. Nah, salah satu keterampilan yang harus dipelajari ialah pengambilan gambar atau teknik videografi.

7. Fotografi

Sama halnya dengan kemampuan dalam videografi, akibat adanya perkembangan teknologi dan karier dari lulusan Ilmu Komunikasi. Fotografi juga merupakan kemampuan yang akan kamu pelajari kalau kamu berkuliah di program studi yang satu ini.

Oyaa… biasanya, kemampuan fotografi akan kamu pelajari dalam peminatan Jurnalistik atau Industri media.

8. Desain grafis

Desain grafis memang salah satu kemampuan yang dipelajari oleh mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual. Tapi, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, akibat dari perkembangan teknologi dan prospek karier dari lulusan Ilmu Komunikasi yang bisa dibilang cukup luas.

Kini, mahasiwa yang kuliah di program studi Ilmu Komunikasi pun mempelajari desain grafis. Apalagi, bisa dibilang kemampuan yang satu ini merupakan salah satu kemampuan yang paling diminati dan dicari perusahaan.

***

Itulah kemampuan-kemampuan yang dipelajari oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, gaes. Lihat sendiri, ‘kan, anak Ilkom nggak cuma belajar ngomong doang, kok. Hehehe.

 

Baca Juga:

 

(Sumber gambar: en.unesco.org, talkactive.id, thebalancecareers.com, pixabay.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 5 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 16 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 17 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1