Perempuan Kuliah di Fakultas Teknik?

Sudah tahun 2021 tapi masih ada keraguan soal perempuan kuliah di jurusan Teknik. Memang sih, di banyak kampus jumlah laki-laki di Fakultas Teknik mendominasi. Tapi bukan berarti para mahasiswi nggak bisa survive bahkan bersinar di jurusan Teknik, seperti halnya para cewek hebat di ITPLN.

Mundur jauh ke belakang, di era '80-'90an jumlah mahasiswi Teknik belum sebanyak sekarang. Kalaupun ada, kebanyakan ngumpul di prodi Arsitektur atau Teknik Industri.

”Dulu di Angkatan, hanya saya sendiri yang perempuan di prodi ini. Tapi sekarang sudah banyak. Jadi (untuk perempuan) nggak perlu takut untuk masuk prodi ini.” Ujar Rosnawati Nurhasanah ST, MT yang kini menjadi Ketua Prodi Teknik Mesin ITPLN. Yup, dosen ketua prodinya perempuan, lho!

Seperti yang Ibu Rosnawati kemukakan, kini wajah perempuan cukup banyak di ITPLN. Termasuk di antaranya wisudawan terbaik Angkatan 35 tahun 2019, Aaruum Chandra Dewi Nur Wulan “Ibu saya lulusan SMP, ayah saya lulusan SMA, tapi beliau memiliki semangat besar untuk menjadikan diri saya sarjana pertama dalam keluarga,” ungkap Aaruum Chandra dengan haru ketika menyampaikan pidato kelulusannya.

Dari beberapa contoh di atas terlihat bahwa gender dan status ekonomi sosial nggak menjadi penghalang untuk belajar dan sukses di ITPLN.

Nah, inilah yang perlu diperhatikan perempuan yang ingin mengambil jurusan kuliah bidang Teknik.

  1. Eksplorasi program studi yang ada di ITPLN biar bisa menemukan prodi yang tepat. Ini hal yang berlaku baik bagi perempuan maupun laki-laki.
  2. Banyak orang tua yang perlu diyakinkan agar mengizinkan anak perempuan mereka kuliah bidang Teknik. Kuncinya adalah diskusi. Jelaskan mengapa kamu ingin kuliah di prodi ini, apa rencana kamu ke depannya/prospek karier, gambaran perkuliahannya, dan lainnya. Yakinkan bahwa prodi ini sesuai minat dan kemampuanmu serta aman dijalani perempuan. Nah, tahap ini harus dilakukan dengan sabar sih. Soalnya, nggak mudah untuk mengubah persepsi yang sudah terbentuk lama.
  3. Ada kemungkinan di kelas kamu lebih banyak laki-lakinya. But it’s okay, kalian setara karena sama-sama mahasiswa.
  4. Jangan minta perlakuan istimewa karena kamu perempuan.
  5. Sebaliknya, nggak perlu merasa terbebani karena ingin membuktikan diri bahwa kamu bisa dan layak di prodi tersebut. Memang sih, kadang kita (terutama perempuan) perlu berusaha ekstra agar bisa stand out. Tapi lakukan yang terbaik untuk mendapatkan ilmu, bukan demi dilihat orang lain. 
  6. Bisa minta tolong teman seangkatan jika menemukan kesulitan, sebaliknya bantu juga kawanmu jika mereka membutuhkan.
  7. Secara umum, kuliah di Teknik membutuhkan fisik yang kuat. Antara praktikum, belajar, serta segudang kegiatan lain yang menguras energi. Nah, kamu perlu menjaga kesehatan serta kebugaran agar bisa menjalankan perkuliahan.
  8. Adaptasi memang penting di mana pun kamu berada. Jadi kamu perlu beradaptasi dengan lingkungan di jurusan Teknik ITPLN, selama hal tersebut baik dan nggak bertentangan dengan prinsipmu.
  9. Adaptasi nggak sama artinya dengan mengubah dirimu. Misalnya, kamu nggak perlu ikutan bergaya boyish padahal kamu sangat feminim. Tinggal sesuaikan aja penampilanmu dengan kondisi. Misalnya, saat praktik di pabrik tentu kamu mesti memakai outfit yang nyaman, nggak banyak aksesesoris, dan antiribet.  
  10. Bersikap tegas terhadap bullying, perilaku nggak sopan, atau hal lain yang mengarah pada pelecehan.

Apakah perempuan bisa kuliah di bidang Teknik? Harusnya sih, nggak ada pertanyaan semacam itu lagi karena dalam menuntut ilmu, perempuan dan laki-laki setara. Jika kalian adalah laki-laki di yang kebetulan di fakultas Teknik, maka kalian harus menghargai teman kuliah kalian baik laki-laki maupun perempuan. Dan ITPLN pun membuktikan bahwa jurusan Teknik bisa dijalani oleh perempuan. 

(Sumber gambar: Image by <a href="https://pixabay.com/users/openclipart-vectors-30363/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1299841">OpenClipart-Vectors</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1299841">Pixabay</a>)

LATEST COMMENT
Dasri Dsr | 1 hari yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Zainu Satria | 3 hari yang lalu

Mohon di cek kan kak. Saya kuliah di Universitas Asahan Prodi Bahasa Indonesia Nama:Winda Mentari NPM:14053010

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Zainu Satria | 3 hari yang lalu

Assalamu&apos;alaikum. Kak saya mau tanyak, saya kan pernah kulia dari tahun 2014.udh selesai semua, saya juga udh susun proposal.pas saya mau sempro kendala di uang kulia. Karena pada saat saya kulia ada ambil dispen. Disitu saya sama sekali tdk ad uang. Tu terus saya mau kerja. Dan ingin ambil cuti.&#8230;

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
maulaaa ya | 4 hari yang lalu

Emangnya gabisa yaa kalau anak ipa masuk ke psikologi soshum ?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1